SIKDA Generik   telah memiliki versi update. Versi update dari SIKDA Generik ini memiliki konten yang telah disempurnakan dengan beberapa fungsionalitas pendukung untuk pendataan kesehatan daerah. Versi update dari SIKDA Generik ini dihadirkan guna menyempurnakan aplikasi SIKDA yang lalu. SIKDA Generik versi update ini dikenalkan dengan nama SIKDA Generik versi 1.2 atau sebut saja dengan SIKDA Generik 1.2. Fitur dan tampilan (user interface) yang dihadirkan dalam SIKDA Generik 1.2 adalah fitur dashboard yang lebih detail, menu yang lebih kompleks, form fill-in yang telah dilengkapi, data yang secara otomatisasi tergeneralisasi, dan masih banyak lagi fitur yang disediakan dalam SIKDA Generik 1.2 guna mempermudah pengguna dalam pengoperasiannya. Berikut ini merupakan gambar dari SIKDA Generik modul Puskesmas :

Beberapa fitur tambahan dalam SIKDA Generik 1.2 ini adalah fasilitas untuk minimize dan maximize tampilan menu dan header yang terdapat pada samping kiri dan pada bagian atas. Menu tambahan yang dihadirkan dalam SIKDA Generik 1.2 adalah penyempurnaan dari versi sebelumnya. Penyempurnaan fasilitas ini adalah terdapat pada menu Transaksi, yaitu ditambah dengan sub menu Sarana. Bukan hanya dalam menu transaksi yang ditambah, akan tetapi pada versi ini SIKDA Generik juga ditambah dengan menu Kegiatan Luar Gedung untuk mendapatkan data kegiatan luar yang lebih lengkap, misalnya kegiatan imunisasi, kesehatan lingkungan, dan posyandu. Kegiatan luar gedung tersebut mencakup semua kegiatan dalam kegiatan pendataan tingkat kesehatan daerah baik kesehatan rumah sakit, imunisasi, restoran, beserta semua data yang terlibat di dalamnya. Tambahan sub menu juga dihadirkan dalam Laporan, dalam menu Laporan ini bukan hanya ada Laporan Bulanan dan Laporan Jamkesmas, akan tetapi ada juga Laporan Kunjungan guna mengupdate informasi yang akan tergeneresisasi dalam SIKDA Generik untuk pelaporan evaluasi.

Untuk mendukung pengoptimalan penggunaan SIKDA Generik versi 1.2 maka Kementerian Kesehatan Republik Indonesia mengadakan pelatihan instalasi dan penggunaan SIKDA Generik 1.2 di berbagai layanan kesehatan terkait atau bisa disebut Training of Trainer (TOT) yang dilaksanakan pada Mei – Juli 2013 dengan melibatkan seluruh pengelola data di Dinas Kesehatan Kabupaten/Kota dan Provinsi. Kegiatan TOT ini meliputi penjelasan dan praktik instalasi sampai pada penggunaan SIKDA Generik. Selain itu pelatihan ini dalam rangka mewujudkan terintegrasinya data yang sinkron dan valid di Dinas Kesehatan Kabupaten/Kota,  Provinsi, serta Kementerian Kesehatan RI.

Selain SIKDA Generik 1.2 modul Puskesmas dikembangkan pula SIKDA Generik 1.2 modul Dinas Kesehatan. Modul ini bertujuan untuk mengintegrasikan data dan informasi pada pelayanan kesehatan yang telah menggunakan aplikasi SIKDA Generik 1.2 modul Puskesmas. Berikut ini merupakan gambar dari SIKDA Generik modul Dinas Kesehatan :

SIKDA Generik 1.2 modul Dinas Kesehatan memiliki konten dan fitur yang disesuaikan dengan kebutuhan manajemen tingkat Dinas Kesehatan Kabupaten/Kota yang diwujudkan dalam tiga fitur yaitu Transaksi, Data Kesehatan Dan Laporan.

Fitur Transaksi pada SIKDA Generik 1.2 modul Dinas Kesehatan berisi tentang stock obat masuk dan keluar pada gudang obat/instalasi farmasi Kabupaten/Kota serta sarana yang masuk dan keluar di tingkat Dinas Kesehatan Kabupaten/Kota pada SIKDA Generik 1.2. Fitur Data Kesehatan pada SIKDA Generik 1.2 modul Dinas Kesehatan, berfungsi untuk mengakomodir data dari Puskesmas yang belum menggunakan SIKDA secara elektronik. Fitur pada SIKDA Generik 1.2  di tingkat Dinas Kesehatan Kabupaten/Kota dikemas dalam bentuk data agregat. Fitur Laporan pada SIKDA Generik 1.2 modul Dinas Kesehatan berisi agregasi pelaporan yang berasal dari Puskesmas (baik menggunakan SIKDA elektronik maupun secara manual).

Perlu juga diketahui bahwa dalam website resmi SIKDA Generik yaitu http://sikda.depkes.go.id telah terdapat petunjuk installasi dan pengunaan SIKDA Generik dalam bentuk video tutorial maupun pdf. Pengguna bisa mendapatkan petunjuk instalasi maupun penggunaan dalam bentuk video tutorial maupun pdf dengan mengunduhnya di menu dokumentasi pada website resmi SIKDA Generik. Hal ini bertujuan agar pengguna dapat mempelajari instalasi dan penggunaan SIKDA Generik  secara detail pada saat pelatihan maupun setelah pelatihan Training of Trainer. Untuk keterangan lebih lanjut dapat menghubungi Help Desk Pusat Data dan Informasi Kementerian Kesehatan RI ke no telepon (021) 70172933 pada hari dan jam kerja.

 

Share →

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>