SIKDA GENERIK 1.3 telah diluncurkan…….

Pada tanggal 18 Agustus 2014 yang lalu dalam rangka memperingati  Hari Kemerdekaan Indonesia yang ke 69 telah diluncurkan update aplikasi SIKDA Generik baru yang disebut dengan SIKDA Generik versi 1.3.  Aplikasi ini merupakan penyempurnaan dari aplikasi SIKDA Generik 1.2. Peluncuran ini ditandai dengan adanya pengunggahan (upload) SIKDA Generik versi 1.3 ini ke Web SIKDA Generik pada menu versi demo.

Hal baru yang disempurnakan pada SIKDA Generik 1.3 adalah sebagai berikut.

  1. Telah tersedianya instaler otomatis untuk aplikasi ini. Instal menggunakan alat bantu sebagai autorun sehingga memudahkan user pada saat akan melakukan instalasi (termasuk setting aplikasi).
  2. Pada menu login telah ada pembaruan sistem dan tampilan login (sistem online dan offline) serta penambahan fasilitas untuk menu pilihan verifikasi puskesmas.
  3. Pembaruan pada modul pengaturan dengan adanya : Penambahan submodul pengguna di level kabupaten, Penambahan submodul grup pengguna di level kabupaten, dan Penambahan submodul master letak janin di level puskesmas
  4. Pada modul pendaftaran telah dilakukan penambahan field untuk input nomor catatan medis lama.
  5. Modul pelayanan rawat jalan  dilakukan penambahan  field diagnosa penyakit, field LILA, dan  field tinggi badan pada poli KIA.
  6. Penambahan modul data kesehatan di level puskesmas
  7. Penambahan field persalinan bayi (<5th & >5th) pada submodul data kematian bayi
  8. Tampilan data kesehatan  secara agregat untuk menambah data pelayanan
  9. Pembaharuan menu ekspor dan impor dengan : Penyempurnaan menu ekspor dan ekspor database dari aplikasi puskesmas ke aplikasi Dinas Kesehatan Kab/Kota, Menu ekspor data individu yang telah ada disempurnakan dan ditambah dengan menu ekspor data kesehatan, Penambahan verifikasi impor (kd_puskesmas) dan Penambahan fasilitas validasi file ekspor dari penerima
  10. Penyempurnaan menu laporan dengan : Penambahan laporan dalam bentuk Spreadsheet (m. Excel) di setiap laporan bulanan (LB1, LB2, LB3, LB4, Kunjungan dan Asuransi) melengkapi versi pdf yang telah tersedia, Penambahan laporan harian pelayanan per-poli (nama, tgl, poli, catatan medis), Penambahan laporan harian diagnosa (catatan medis, nama, diagnosa, usia, jenis kelamin) dan Penambahan laporan KIA
  11. Penambahan cetak surat keterangan sakit & surat keterangan sehat
  12. Penambahan fasilitas untuk menampilkan peringkat penyakit terbanyak berdasarkan rawat jalan (no. urut, kode ICD, nama penyakit, jumlah kasus)

 

Aplikasi ini tidak untuk diperjualbelikan dan diberikan secara gratis kepada seluruh pengguna (Puskesmas dan Dinas Kesehatan Kabupaten/Kota) dengan dikoordinasikan oleh Dinas Kesehatan Kabupaten/Kota. Bagi pengguna yang telah menggunakan Aplikasi SIKDA Generik 1.2, untuk mendapatkan aplikasi SIKDA Generik 1.3 ini dapat dilakukan melalui pengunduhan melalui web SIKDA dengan melakukan pendaftaran ulang ke web SIKDA Generik. Bagi calon pengguna yang berminat untuk mendapatkan SIKDA Generik 1.3 dapat melakukan registrasi melalui Web SIKDA Generik. Pendaftaran ini harus dilengkapi persyaratan administrasi yang ada dengan melampirkan surat permohonan dari Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten/Kota kepada Kepala Pusdatin untuk menggunakan aplikasi SIKDA Generik yang disertai keterangan verifikasi dari Dinas Kesehatan Provinsi.

Aplikasi SIKDA Generik 1.3 merupakan aplikasi open source. Sesuai prinsip open source dimana sistem pengembangan yang dikoordinasi oleh para pelaku yang bekerja sama dengan memanfaatkan kode program (source-code) yang tersebar dan tersedia secara bebas. Pola pengembangan aplikasi ini mengandalkan komunitas yang telah menggunakan aplikasi SIKDA Generik dan telah menerima sebuah manfaat sehingga kemudian akan termotivasi untuk memberikan sumbangan pemikiran dan perbaikan aplikasi yang dibagikan kepada orang banyak.

Pola open source lahir karena kebebasan berkarya, tanpa intervensi berpikir, dan mengungkapkan apa yang diinginkan dengan menggunakan pengetahuan dan produk yang cocok. Komunitas akan mendapat kebebasan untuk belajar, mengutak-ngatik, merevisi ulang, membenarkan ataupun bahkan menyalahkan, tetapi kebebasan ini juga datang bersama dengan tanggung jawab, bukan bebas tanpa tanggung jawab. Guna mewujudkan konsep ini bagi  masyarakat yang ingin menyempurnakan aplikasi SIKDA Generik agar berkoordinasi serta melaporkan dan mengirimkan aplikasi hasil pengembangannya kepada Pusdatin Kementerian Kesehatan untuk dapat dibagikan kepada seluruh komunitas pengguna.

Jakarta medio Agustus 2014

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>